.

.
.

Breaking News

Manfaat Mapel TIK dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Informatika adalah ilmu yang berusaha untuk memahami terkait dengan studi, pengembangan, dan sistem komputer. Serta pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar komputer. Kajian ilmu ini terkait dengan penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data besar, baik data maupun informasi pada mesin komputasi. Ada beberapa bidang, contohnya seperti : sistem informasi, ilmu komputer, ilmu informasi, teknik komputer, dan penerapan informasi dalam sistem informasi, pengelolaan. Secara umum, ilmu komputer mempelajari struktur, sifat dan interaksi berbagai sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pengolahan data dan menyajikannya dalam bentuk informasi. Aspek komputer lebih luas dari sekedar sistem informasi yang terkomputerisasi, namun masih banyak informasi yang belum diolah dan tidak diolah oleh komputer.

Baca Juga:

Penggunaan TIK dalam pendidikan Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif untuk siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan sebagai upaya penyebaran informasi tentang kesatuan satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara, ini adalah bentuk kesadaran untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi yang mendukung proses pendidikan masyarakat. Kelemahan pokok-pokok siaran radio dan televisi pendidikan adalah: tidak ada interaksi timbal balik secara langsung, penyiaran searah dari pembicara, sumber belajar atau fasilisator bagi siswa. Presentasi komputer pribadi kemampuan untuk memproses dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafik, gambar, suara dan film) menawarkan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak ada dalam penyiaran radio dan televisi.


Manfaat Mapel TIK dalam Kurikulum Merdeka Belajar
Manfaat Mapel Informatika pada IKM

Perubahan tersebut mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Misalnya ruang belajar atau ruang kelas. Saat ini, konsep kelas telah berubah secara radikal dengan masa lalu. Dulu, ruang belajar adalah ruangan berbentuk kotak yang berisi sejumlah meja siswa, kursi guru, dan papan tulis di dinding. Namun kini ruang belajar tidak lagi sebatas empat dinding dan satu guru. Guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar. Media pembelajaran tidak lagi hanya berupa papan tulis dan papan tulis. Buku bukan hanya satu set kertas cetak. Makanya muncul istilah e-learning. Dalam dunia pendidikan, segala sesuatu yang dilakukan secara manual segera diubah menjadi penggunaan komputer.

Untuk mengikuti perkembangan global, kurikulum merdeka telah diterapkan, meskipun masih bertahap. Tidak semua sekolah menerapkan kurikulum baru ini karena kurangnya persiapan untuk mengimplementasikan kurikulum ini di lapangan. Di era Merdeka Belajar, kebijakan ini mendorong kita semua untuk bekerjasama dengan berbagai sumber daya dan fasilitas. Salah satunya adalah fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sarana belajar mengajar dan memiliki akses informasi yang membantu kita meningkatkan kualitas pembelajaran.

Karena mata pelajaran informatika sendiri memberikan pengetahuan kepada siswa tentang perkembangan TIK, komputer, software, hardware dan tips atau trik komputer lainnya. Selain menggunakan teknologi informasi di seluruh kurikulum, ini dapat membantu siswa memahami cara menggunakan teknologi dengan benar di tingkat yang lebih dalam. Misalnya, dalam topik penelitian, siswa dapat mengakses informasi menggunakan mesin pencari. Mereka dapat mempelajari plagiarisme dan pelanggaran hak cipta ketika mempelajari hasil penelitian orang lain.

Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, ada tiga hal yang perlu dicapai, yaitu (1) Siswa dan guru harus memiliki akses teknologi digital dan internet di ruang kelas, (2) Sekolah dan pelatihan guru yang bermakna dan materi yang berkualitas. (3) guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menggunakan alat dan sumber daya digital untuk membantu siswa mencapai standar akademik.

Tugas Perbaikan Nilai Kelas X.9 Mapel Informatika Tahun Ajaran 2021/2022 
Oleh Nashwa Almira Maida SMAN 8 Semarang

5 komentar:

  1. Penerapan mapel informatika memang baik, namun harus tetap diimbangi dengan fasilitas belajar yang baik pula untuk para peserta didik.

    BalasHapus
  2. Saya masih mengalami kesulitan untuk memahami materi alpro pada mapel informatika sekarang.

    BalasHapus
  3. Nilai terbaik yang bisa didapatkan dari proses belajar adalah dengan mempraktikannya langsung, apalagi jika mata pelajaran yang dipelajari adalah tentang pemrograman.

    BalasHapus
  4. Sinyal wifi aku butuh sinyal wifi.

    BalasHapus
  5. Cara mempelajari materi pemrograman dengan mudah adalah dengan mengalami proses error secara langsung pada mata pelajari informatika tersebut secara langsung.

    BalasHapus